Saturday, February 8, 2014

bepeka

Hymne  BPK

Kami sang abdi negara
Mengemban tugas mulia
untuk tanah air tercinta
demi bangsaku Indonesia

Kami siap jiwa dan raga
mengabdi untukmu negara
tegar takkan pernah gentar
menjaga harta negara
dengan s'mangat Pancasila

Mars BPK

Wahai sang abdi negara Badan Pemeriksa Keuangan
hayatilah dan amalkanlah pengabdianmu
dengan menjunjung tinggi independensi integritas dan tanggung jawab
memeriksa pengelolaan dan tanggungg jawab keuangan negara

Demi bangsaku Indonesia tanah air tercinta
kami siap jiwa dan raga mengabdi untuk negara
tegar takkan gentar
menjaga mengayomi harta negara
dengan semangat Pancasila


Sudah hampir sebulan aku menjadi bagian dari keluarga besar BPK RI, dan memulai Pengalaman pertama dengan magang di 
BPK RI Perwakilan Sumatera Utara. Tiap hari kedua lagu yang di atas senantiasa kudengar sepuluh menit sebelum pulang kantor.
Layaknya sebuah hymne yang akan merasuki jiwa dan layaknya sebuah mars yang akan membakar jiwa, begitu juga kedua lagu ini selalu mampu membuat aku merinding bila mendengarnya.
Dan, ku ingat perjuanganku masuk ke BPK ini.
...

Hingga beberapa bulan aku kerja di Astra, tidak ada niatku sama sekali menjadi abdi negara. Aku hanya ingin melanjutkan jenjang pendidikanku ke program Master di luar negeri melalui beasiswa. Tapi, ada sebuah pesan dari bapak kepadaku putri satu-satunya untuk menjadi seorang abdi negara di Badan Pemeriksa Keuangan. 
Tidak tahu apa alasan utama bapak menginginkanku masuk ke BPK ini, tapi aku mencoba untuk menyanggupinya dan ketika searching tentang lembaga tinggi negara ini aku juga sedikit puas karena akan ada kesempatan untuk melanjutkan jenjang pendidikan, tentunya dengan beasiswa dan pastinya agak sedikit mengulur waktu dari target utama.
Akhirnya aku menjadi bagian dari 165 peserta yang terpilih sebagai CPNS BPK RI dan sekarang aku sudah menjadi bagian dari abdi negara di BPK RI dan kutelah mencapai keinginan bapak, semoga dia bahagia dan semoga keinginanku juga tercapai nantinya.
...

kami siap jiwa dan raga
mengabdi untukmu negara

Bukan suatu hal yang mudah kata pengabdian, karena totalitas dari jiwa dan raga harus turut serta dalam mengabdi.
Apakah benar aku masuk ke dalam ranah abdi negara?
Banyak yang menganggap abdi negara itu tidak menjalankan tugas semestinya, banyak yang menganggap abdi negara itu hanya 
memakan duit negara, banyak yang menganggap abdi negara itu cuma parasit dalam masyarakat, dan masih banyak opini negatif
tentang abdi negara.
Tak munafik, aku juga dulu mempunyai opini seperti itu dan sekarang aku ada di dalamnya.
Dan, sekarang kusadar tidak semuanya begitu, terlebih ketika ku mendengar hymne dan mars BPK bahwa ku harus mengabdi dengan
jiwa dan raga. Tugasku adalah memeriksa, dan mungkin kita tahu begitu banyak hal yang harus diperiksa keuangan negara ini,
dan semoga aku menjadi bagian abdi negara yang selalu menjunjung tinggi semangat Pancasila.
Hymne dan Mars yang selalu membuatku sadar bahwa banyak hal di negara ini yang perlu dibenahi.

tegar takkan gentar

No comments:

Post a Comment