Tuesday, May 10, 2016

Kelas Inspirasi Jakarta 5

~~Cuti Sehari Menginspirasi Selamanya...

Ini merupakan tagline Kelas Inspirasi, emang tujuan dari Kelas Inspirasi adalah menginspirasi adik-adik SD generasi penerus bangsa Indonesia untuk dapat bermimpi dan bercita-cita tinggi dan tak lupa untuk tidak menyerah dalam meraihnya.
Saya ingin bercerita tentang Kelas Inspirasi Jakarta 5, program Kelas Inspirasiku yang pertama. Saya lupa melihat program ini di media sosial yang mana (terlalu banyak media sosial yang diikuti hehehehe), tapi setidaknya ada yang ngeshare di medsos dan saya tertarik untuk melihat lebih jauh ke web Kelas Inspirasi. Dan, tentu saja sebagai seorang yang ingin memberikan kontribusi positif ke negara saya tertarik untuk mengikutinya dan memilih sebagai Inspirator. Ada 3 jenis relawan, yaitu yang pertama disebut fasilitator merupakan relawan yang tugasnya menghubungkan antara inspirator, dokumentator, panitia dan pihak sekolah, yang kedua inspirator merupakan relawan pengajar yang bertugas menginspirasi adik-adik dengan menjelaskan profesinya, dan yang terakhir yang tak kalah pentingnya juga adalah dokumentator yang mendokumentasikan setiap moment dalam kegiatan Kelas Inspirasi.
Tanggal 11 April 2016 @12:09 AM mendapat email dari panitia Kelas Inpirasi Jakarta 5 sebagai salah satu relawan pengajar dan diundang untuk menghadiri briefing pada tanggal 17 April 2016 denga lokasi akan diberitahu selanjutnya. Rasanya bahagia mendapat email ini, bagaimana bisa menjadi salah satu relawan pengajar yang semoga dapat menginspirasi adik-adiknya.
Akhirnya tanggal 17 April setelah mengikuti misa pertama, saya buru-buru ke Soehanna Hall Gedung The Energy di daerah SCBD. Dan, benar saja begitu banyak teman-teman yang datang dengan misi yang sama. Saya masuk kelompok 26 di SDN Kebon Kosong 2 Kemayoran. Rangkaian acaranya benar-benar mengesankan, dan satu hal yang membuat saya terharu ketika ketika semua kurang lebih 500 orang berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, wuih saya merinding mendengar suara dari teman-teman yang begitu antusias akan Indonesia.
Kelompok 26 KI Jakarta 5

Panitia dan Relawan KI Jakarta 5 di Soehana Hall The Energy SCBD
Kelompok 26 beberapa kali melakukan pertemuan untuk mengkonsep kegiatan di Hari Inspirasi tanggal 2 Mei 2016 yang berketepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. H-1 di tanggal 1 Mei, kita berkumpul di SDN Kebon Kosong 2 dan melakukan segala hal untuk finalisasi kegiatan besok.
Sebagai seorang inspirator, saya harus bisa menjelaskan tentang profesi saya sebagai auditor. Setelah dinyatakan sebagai relawan pengajar, hampir tiap malam saya memikirkan konsep yang akan saya bawakan untuk dapat menyampaikan profesi auditor ke adik-adik SDN Kebon Kosong 2 Kemayoran. Dua orang tempat saya beradu, yaitu Mba Rizky yang kebetulan teman seprofesi di BPK dan Mba Maria teman sekelompok yang memiliki beragam profesi (istilahku). Mba Maria mengusulkan supaya saya membawa sebuah permainan Who Am I, karena biasanya seorang auditor di dalam kerja lapangannya akan selalu bertanya hingga akhirnya dapat menyimpulkan suatu jawaban yang benar.  Berbekal permaianan tersebut, akhirnya saya memodifikasinya dengan permainan crosswords dan tak lupa saya menyiapkan beberapa foto auditor-auditor ketika melakukan cek fisik dan foto ketika audit berubah menjadi auditainment (yang selalu menjadi bagian yang membahagiakan). Hari Minggu, tanggal 1 Mei jadi hari yang sangat melelahkan bagiku, gereja pagi, ke sekolah, pulangnya masih harus print segala keperluan untuk hari inspirasi, dan malamnya harus packing untuk keperluan pulang kampung (yeayyy saya bahagia akhirnya bisa cuti panjang dan mudik ke Pematangsiantar).
kelompok 26 lagi dapat jatah mie ayam Mba Maria gratissss
Tanggal 2 Mei 2016, bangun pagi jam 3.30, masih malas namun harus segera mandi. Persiapkan semuanya, dan akhirnya jam 4.45 saya harus jalan keluar kost dan menemui Mba Rizky di persimpangan jalan karena kita udah janjian untuk jalan bareng ke Arsonia di daerah PAM untuk dijemput Mba Novi yang memberi tumpangan ke kita. Wah, saya salut dengan saya pagi itu tetap semangat walau tidur masih kurang. Kita sampai di SDN Kebon Kosong 2 jam tgh 6 (warbiasaakkk). Briefing jam 6 dan saya salutnya dengan Kelompok 26 adalah kita tidak ada yang mengundurkan diri, dan saya kebagian dua kelas (kelas 3B dan kelas 5B). Dua kelas aja rasanya luar biasa capeknya, tapi bahagia ketika ada dua anak di kelas 5 yang bercita-cita menjadi seorang auditor. Wah, senangnyaaaa!!!!!

1. Upacara Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2016
2. Opening ceremony di lapangan 
4. Bapak dan Ibu Guru bersama dengan relawan kelompok 26 KI Jakarta 5
3. Narsis saat senam

5. Di kelas 3B dan Sukron lagi narsis

6. Closing ceremony dan sukses!!!

7. Foto bersama setelah closing

8. Kelompok 26 masuk ke media online glitzmedia :)
 Dan, rasanya bahagia sekali dapat menjadi seorang inspirator... CUTI SEHARI, SELAMANA MENGINSPIRASI!!! Tidak hanya menginspirasi tapi kita juga terinspirasi...






No comments:

Post a Comment